Tutorial PHP [Fungsi dan Form]

Funsi pada PHP

The real power of PHP berasal dari fungsinya. Di PHP - terdapat lebih dari 700 fungsi built-in yang tersedia.
Dalam tutorial ini akan ditunjukkan cara untuk membuat fungsi sendiri. Untuk referensi dan contoh dari fungsi built-in, kunjungi Referensi PHP.

Membuat Fungsi PHP

Fungsi adalah blok kode yang dapat dijalankan apabila kita membutuhkannya.

Membuat fungsi PHP:
* Semua fungsi dimulai dengan kata "function()"
* Nama fungsi - Harus dapat memahami fungsi apa pada nama tersebut. Nama dapat mulai dengan huruf atau garis bawah (tidak angka)
* Tambah "{" - Fungsi kode dimulai setelah membuka kurung kurawal
* Masukkan kode fungsi
* Tambah "}" - Fungsi selesai oleh penutup kurung kurawal
Contoh

Fungsi sederhana yang menulis nama saya ketika disebut:
<html>
<body>

<?php
function writeMyName()
{
echo "Ryo Kazama";
}

writeMyName();
?>

</body>
</html>

Menggunakan Fungsi PHP

Sekarang kita akan menggunakan fungsi dalam skrip PHP:

<html>
<body>

<?php
function writeMyName ()
{
echo "Ryo Kazama";
}

echo "Halo duniaenjoy! <br />";
echo "Nama saya ";
writeMyName();
echo ".<br/>Benar, ";
writeMyName();
echo "adalah nama saya.";
?>

</body>
</html>

Output:

Halo duniaenjoy!
Nama saya Ryo Kazama
Benar, Ryo Kazama adalah nama saya.

Fungsi PHP - Menambahkan parameter

Fungsi pertama kami (writeMyName()) adalah fungsi yang sangat sederhana. Hanya menulis string statis.
Untuk menambahkan fungsi ke fungsi, kita dapat menambahkan parameter. Parameter seperti variabel.
Anda mungkin telah memperhatikan tanda kurung setelah nama fungsi, seperti: writeMyName(). Parameter yang ditentukan di dalam tanda kurung.
Contoh 1

Contoh berikut akan menulis nama awal yang berbeda, tetapi dengan nama akhir:

<html>
<body>

<?php
function writeMyName($fname)
{
echo $fname."Kazama.<br/>";
}

echo "Nama saya ";
writeMyName("Ryo");

echo "Nama saya ";
writeMyName("Jin");

echo "Nama saya ";
writeMyName("Heihachi");
?>

</body>
</html>

Output:

Nama saya Ryo Kazama.
Nama saya Jin Kazama.
Nama saya Heihachi Kazama.

Contoh 2

Fungsi berikut ini memiliki dua parameter:

<html>
<body>

<?php
function writeMyName($fname,$baca)
(
echo $fname."Refsnes".$baca."<br/>";
)

echo "Nama saya ";
writeMyName("Ryo",".");

echo "Nama saya ";
writeMyName("JIn","!");

echo "Nama saya ";
writeMyName("Heihachi","...");
?>

</body>
</html>

Output:

Nama saya Ryo Kazama.
Nama saya Jin Kazama!
Nama saya Heihachi Kazama...

Fungsi PHP - Return Values/Mengembalikan Nilai

Fungsi juga dapat digunakan untuk mengembalikan nilai-nilai.
Contoh

<html>
<body>

<?php
function tambah($x, $y)
{
$total = $x + $y;
return $total;
}

echo "1 + 16 = ". tambah(1,16);
?>

</body>
</html>

Output:

1 + 16 = 17


Form dan input user

Variabel PHP $_GET dan $_POST digunakan untuk mengambil informasi dari form/formulir, seperti input user/pengguna.

Penanganan PHP Form

Yang paling penting untuk diketahui adalah ketika berhadapan dengan form HTML dan PHP bahwa dalam form apapun elemen halaman HTML secara otomatis akan tersedia untuk skrip PHP Anda.

Contoh Form:

<html>
<body>

<form action="welcome.php" method="post">
Nama: <input type="text" name="nama"/>
Umur: <input type="text" name="umur"/>
<input type="submit"/>
</form>

</body>
</html>

Contoh halaman HTML di atas berisi dua kolom input dan tombol submit. Bila pengguna dalam mengisi formulir ini dan mengklik pada tombol submit, data akan dikirim ke file "welcome.php".

The "welcome.php" file seperti ini:

<html>
<body>

Selamat datang <?php echo $_POST["nama"];?>.<br/>
Anda <?php echo $_POST["umur"];?> Tahun.

</body>
</html>

Output:
Selamat Datang Ryo.
Anda 21 tahun.

Variabel PHP $_GET dan $_POST ini akan dijelaskan dalam postingan berikutnya.

Validasi Form


Input User harus divalidasi jika memungkinkan. Validasi client side yang cepat, dan akan mengurangi beban server.

Namun, situs yang mendapatkan lalu lintas yang cukup padat perlu khawatir tentang server tersebut, mungkin juga perlu khawatir tentang keamanan situs. Anda harus selalu menggunakan validasi server side form jika mengakses database.

Cara yang baik untuk memvalidasi form di server adalah kirim ke form itu sendiri, bukan jumping ke halaman yang berbeda. User akan mendapatkan pesan kesalahan pada halaman yang sama sebagai form. Hal ini mempermudah Anda untuk menemukan kesalahan.

0 comments:

Post a Comment